Thursday, June 21, 2012

Batu Mulia Amethyst atau Kecubung

kecubung amethyst batu mulia semi permata
Natural Amethsyt
Amethyst adalah salah satu jenis batu berwarna ungu yang mempunyai harga murah namun berkualitas permata. Batu amethyst atau mempunyai nama pasaran batu "Kecubung" masuk kategori semi-permata dengan nilai kekerasan 7 pada skala Mohs.Batu Kecubung ini merupakan jenis batuan kuarsa. Batu Amethyst  adalah batu kelahiran bagi seseorang yang lahir di bulan Februari. Dalam sejarah, ungu merupakan warna yang digunakan oleh para penguasa baik raja ataupun pejabat, dan anggota keluarga kerajaan. Oleh karena itu, para penguasa sering memakai perhiasan yang terbuat dari batu amethyst.

Kata amethyst berasal dari Yunani yang berarti "jangan mabuk". Istilah ini berkaitan dengan kepercayaan Yunani bahwa amethyst akan menjaga orang dari mabuk karena minum alkohol. Dengan kata lain, orang Yunani Kuno ingin menyebutkan bahwa warna batu ini hampir sama dengan warna minuman anggur. Sebagai salah satu keluarga kuarsa, batu amethyst sangat populer warnanya dan juga bentuk kristalnya yang menawan, cantik, dan berkilauan. Semua Kwarsa yang berwarna ungu pasti adalah amethyst. Warna ungunya mulai dari ungu muda, ungu pucat, sampai ke ungu tebal kemerahan. Batu Kecubung dengan warna ungu kuat kemerahan merupakan salah satu batu amethyst dengan kwalitas bagus, dan biasanya mempunyai harga yang lumayan tinggi.

Batu amethyst banyak terdapat di negara-negara seperti Brazil, Uruguay, Bolivia, Argentina, Zambia, Namibia dan negara-negara Afrika lainnya. Batu amethyst yang berwarna gelap banyak ditambang di Australia. Batu amethyst dengan kwalitas paling bagus terdapat di penambangan Siberia, wilayah negara Rusia, disebut sebagai uralian amethyst. Selain negara-negara penghasil batu Amethyst diatas, negara kita juga tidak kalah mempunyai deposit batu amethyst dengan kwalitas bagus. Batu Amethyst banyak ditemukan di pulau Kalimantan. Batu Amethyst dengan warna ungu kemerahan banyak ditemukan di kawasan ini. Kepercayaan yang beredar di Indonesia, batu Amethyst mempunyai tuah pengasihan yang kuat. Mampu membuat orang lain mempunyai simpati kepada si pemakai. Pengasahan batu Kecubung yang paling bagus adalah dengan menggunakan bambu hitam. Proses ini memakan waktu lama, tapi tuah yang dihasilkan akan maksimal.

2 comments:

  1. saya punya batu kecubung wujudnya bening seperti kaca degradasi warnanya ungu sedikit hijau dan ada merahnya bila kena sinar? sy butuh penjelasan termasuk dalam kategori apa batu itu? 081339709766

    ReplyDelete
  2. saya punya batu kecubung wujudnya bening seperti kaca degradasi warnanya ungu sedikit hijau dan ada merahnya bila kena sinar? sy butuh penjelasan termasuk dalam kategori apa batu itu? 081339709766

    ReplyDelete