Sunday, June 24, 2012

Pesona si Merah Batu Natural Ruby

ruby corundum
Natural Ruby
Batu berwarna merah bernama Ruby adalah batu mulia dari mineral corundum sama seperti batu sapphire. Namanya berasal dari kata Yunani “ruber” yang artinya merah. Batu mulia ruby tersusun dari alumunium oxide dan warna merahnya terjadi karena campuran zat chromium yang ada dalam susunan mineralnya. Nilai keras batu ruby adalah 9 dalam skala mohs, tepat satu digit dibawah intan.

Warna batu ruby selalu merah, mulai dari merah muda, merah kekuning-kuningan atau jingga, merah keungu-unguan ataupun merah tua. Semua korundum yang berwarna merah adalah batu ruby, selain warna itu disebut safir. Pada dasarnya corundum murni tidak berwarna, semua warna pada batu permata disebabkan oleh unsur kimiawi lainnya yang bergabung saat proses kristalisasi terjadi. Harga batu mulia ruby yang berkualitas tinggi mampu melebihi harga batu Intan. Ruby berkualitas tinggi lebih langka dari intan. Walaupun banyak deposit batu ruby di Afrika dan Burma, batu Ruby dengan kwalitas bagus tanpa treatment sangat jarang ditemukan. Kebanyakan batu ruby yang beredar di pasaran sudah melalui proses treatment yaitu pemanasan, iradiasi, atau glass filling. Jika batu ruby dipanaskan maka warnanya akan menjadi lebih baik. Salah satu batu ruby yang paling besar berasal dari Birma, bernama “Lord of the Rubies” yang besarnya sebesar telur burung merpati.


Batu ruby dengan warna merahnya sangat cocok untuk dijadikan barang pemberian untuk para wanita atau kekasih tercinta sebagai wujud cinta abadi. Batu ini juga dipercayai sebagai batu yang bisa memberi keberuntungan, membuat pemiliknya makin bergaya, dan percaya diri. Batu ruby dijadikan batu khusus di hari peringatan perkawinan yang ke 40. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu mirah adalah batu untuk orang yang lahir di bulan Juli  dan batu ruby adalah juga batu untuk zodiac Scorpio, Capricorn dan Cancer.

No comments:

Post a Comment